Lulusan SMP-SMA Dominasi Pencari Kerja di Bangkalan

Selasa, 03 Mei 2016

DALAM empat bulan terakhir, para pencari kerja di Kabupaten Bangkalan relatif tinggi. Berdasarkan data Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertans) setempat sebanyak 95 orang mendaftar sebagai pencari kerja.

Rata rata para pencari kerja di dominasi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sementara lapangan pekerjaan yang tersedia pada awal tahun 2016 ini hanya penjaga toko dan kasir mini market.

“Selama ini yang sering bekerjasama dengan kami Indomart dan Matahari. Mereka taip bulan rutin memberikan informasi lowongan kerja,” kata Sekretaris Dinsosnakertan Bangkalan, Muhammad Rufai, Senin (02/05/2016).

Menurutnya, lowongan kerja yang dibutuhkan Matahari 30 orang. Yakni, sales 20 orang dan kasir 10 orang. Dengan demikian, pihaknya hanya memberikan fasilitas informasi dan mengirimkan brosur ke setiap kecamatan. “Jadi siapa yang ingin tahu informasi lowongan kerja bisa langsung ke kantor kecamatan. Di sana sudah ada brosurnya,” jelas Rufai.

Sementara untuk lowongan kerja di luar negeri, membutuhkan 79 pekerja. Yaitu tenagakerja laki laki 21 orang dan perempuan 58. Permintaan tersebut langsung dari pihak perusahaan. Bagi yang berminat, kata Rufai, bisa langsung mendapatkan rekomendasi di Dinsosnakertrans dan pelatihan skill sesuai kebutuhan dari perusahaan yang bersangkautan. “Lowongan kerja yang ada di Hongkong, Brunai dan Malaysia,” terangnya.

Menurut Rufai, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin dengan harapan para pencari kerja di Bangkalan bisa segera mendapatkan pekerjaan. Dan pihak Dinsonakertrans hanya memberikan surat AK1.”Disini kami hanya memberikan surat rekomendasi dan surat AK1 atau lebih dikenal kartu kuning sebagai surat keterangan kerja,” tandasnya. (mam/mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved