Angka Buta Aksara di Kabupaten Bangkalan Menurun

Selasa, 03 Mei 2016

PROGRAM penanganan buta aksara di Kabupaten Bangkalan setiap tahunnya terus mengalami penurunan. Berdasarkan data di dinas pendidikan setempat, pada tahun 2015 jumlah buta aksara sebanyak 80.617 dan tahun 2016 ini jumlahnya menurun menjadi 76.517.

“Kita akan terus menerus berupaya untuk menurunkan angka buta aksara ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Moh Mohni melalui Kabid Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Siti Sumriyah, Jumat (29/04/2016).

Menurut Sumriyah, upaya yang dilakukan disdik untuk mengurangi jumlah buta aksara itu dengan cara memberikan pendidikan kepada masyarakat melalui belajar kejar paket. Mulai dari kejar paket A, B dan kejar paket C. “Usia yang mengikuti kejar paket A hingga C itu rata-rata usia 15 tahun hingga 59 tahun,” terangnya.

Lebih lanjut Sumriyah menjelaskan, pendidikan kejar paket ini dilaksanakan di pusat kegaiatan belajar masyarakat (PKBM) yang ada di semua kecamatan se Bangkalan. “Saat ini ada sebanyak 44 PKBM yang tersebar di 18 kecamatan. PKBM ini yang melaksanakan pendidikan kejar paket,” katanya.

Namun saying, kata Sumriyah, saat ini bantuan dari pemerintah pusat terhadap program keaksaraan fungsional terus berkurang. “Pada tahun 2016 ini kami hanya memperoleh  bantuan untuk 1.600 wajib belajar keangsaraan fungsional. Itupun sampai sekarang belum turun,” pungkasnya.

Terpisah, Badan Statistik Bangkalan (BPS) Bangkalan membenarkan adanya penurunan angka buta aksara di Bangkalan, baik usia produktif (umur 15 sampai ‎24 tahun. Red) ataupun usia lanjut.

“Setiap tahunnya memang mengalami penurunan. Kalau usia dibawah 15 tahun tidak termasuk kategori, karena ada wajib belajar 9 tahun," terang Kasi Statistik sosial BPS Bangkalan, Edwin Erfiandi.‎ (lil/mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved