DAK Disdik Tahun 2016 Dialokasikan untuk Sekolah Dasar

Selasa, 03 Mei 2016

DINAS Pendikan Kabupaten Bangkalan pada tahun anggaran 2016 mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 8 miliar. Namun, peruntukan bantuan DAK hanya untuk sekolah dasar (SD).

“DAK untuk pendidikan sekarang tidak sebesar tahun lalu. Sekarang hanya untuk pembangunan fisik SD,” terang Kepala Bidang Sarana Prasarana Disdik Bangkalan Mustakim, saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat (29/4/2016).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dana sebesar Rp 8 milir tersebut harus dipangkas 10 persen. Sesuai dengan edaran dari Kementerian Keuangan RI (Kemenkau RI). Pengurangan tersebut akibat dari berkurangnya APBN. “Sisa dari pemangkasan tersebut, baru bisa kami relisasikan untuk pembangunan fisik dan sarana sekolah lainnya,” kata Mustakim.

Menurutnya, DAK dibagi dengan komposisi 60 persen untuk pembaguan fisik dan 40 persen untuk media lainya. “40 persen masih dibagi lagi menjadi 20 persen untuk pengadan buku dan 20 persen untuk sarana lain,” ujarnya.

Karena terbatasnya anggaran tersebut, kemungkinan besar dari 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan hanya mendapatkan bantuan satu sekolah. Sebab, tahun ini semua proses realisasinya ditentukan pusat. “Dari 60 persen pembagunan fisik saja, semua alatnya diatur dan ditentukan pusat,” ucapnya.

Sementara itu, disdik hanya melangkah sesuai juklak dan juknis pusat. Dengan menverifikasi dimana sekolah yang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan pembagunan fisik dari anggaran DAK. “Kita hanya menlankan sesuai aturan pusat,” tandasnya. (mam/mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved