Hindari Banjir pada Musim Hujan, Saluran Irigasi Harus Dibersihkan

Senin, 27 November 2017

MEMASUKI musim hujan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Dispertapahorbun) Bangkalan mulai melakukan antisipasi. Salah satunya, mengimbau kepada petani di kabupaten Bangkalan, untuk tetap menjaga produktivitas tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

Menurut Kepala Dinas Dispertahorbun, Abdullah Fanani melalui Kasubbag Program  Moeh. Ridhwan mengatakan, berdasarkan perkiraan, hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi akan berlangsung mulai Desember hingga Juni 2018 mendatang. Karena itu, dampaknya bisa berakibat positif dan negatif terhadap pertanian.

“Positifnya, apabila turunnya hujan lebat dengan waktu siklus yang lebih panjang, sangat menguntungkan bagi para petani yang berbudi daya komoditas tanaman pangan, terutama tanaman padi. Sebab, ketersediaan air yang cukup,” katanya, Senin (27/11/2017).

Hal itu,  lanjut dia,  membuat petani dapat menanam padi minimal 2 kali bahkan 3 kali masa tanam dalam setahun. Dengan demikian, akan mampu memproduksi padi 2–3 kali lipat dibanding dengan kondisi cuaca normal. “Secara otomatis produktivitas lahan pertanian meningkat karena faktor ketersediaan air yang sangat mencukupi dengan intensitas hujan yang cukup tinggi,” paparnnya.

Sebaliknya, lanjut Ridhwan, ada dampak negatif dari intensitas curah hujan yang tinggi. Di antaranya, rawan banjir dan membuat lahan-lahan pertanian tergenang. Kondisi ini akan mengganggu proses pengolahan lahan, penanaman (budi daya) komoditas pada lahan pertanian.

“Dampak negatifnya, kalau sudah demikian juga mengganggu proses panen dan pascapanen produksi lahan pertanian. Untuk itu, diharapkan para petani mulai membersihkan lahan pertaniannya masing-masing. Kemudian, yang tidak kalah penting, pembersihan jaringan irigasi,” terangnya. (mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved