Puskesmas Modung Akan Bentuk Kampung KB di Setiap Dusun

Rabu, 22 November 2017

UPAYA penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bangkalan terus digalakkan. Salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Modung dengan merancang pencanangan Kampung KB di setiap dusun.

Menurut Kepala Puskemas Modung, Titin Trisnowati, menyampaikan bahwa program tersebut, bentuk tindak lanjut dari kerja sama dengan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB P3A) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan. “Kampung KB merupakan salah satu program pemerintah. Dengan begitu, realisasi kegiatan itu dampaknya bisa dinikmati oleh masyarakat,” ucapnya, Rabu (22/11/2017).

Titin menjelaskan, bahwa tujuan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membentuk Kampung KB yaitu sebagai upaya penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Karena itu, pihaknya akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang KB, dengan harapan, mampu memberdayakan dan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan maksimal agar terwujud keluarga yang berkualitas. ”Didalam kampung KB tidak hanya pelayanan KB. Tetapi, semua program pemerintah di semua lintas sektor terkait, sehingga masyarakat dibawah merasa nyaman,” terangnya.

Menurutnya, dalam mencapai keberhasilan program Kampung KB sangat dipengaruhi oleh komitmen para pemangku kebijakan. ”Saat ini kami sudah koordinasi  dengan pemerintah desa Pakong, tepatnya di dusun Secang.  Di Kampung KB Secang ini telah ada bank data. Itu memudahkan bagi instansi pemerintahan untuk bersinergi dan berintegrasi dalam mengintervensi programnya,” jelasnya.

Ia berharap pembentukan Kampung KB bisa menekan tingginya tingkat kelahiran akibat pernikahan dini pada perempuan usia 15–19 tahun. Sebab, angka kematian ibu dan bayi di Bangkalan saat ini masih tinggi. “Setelah dusun ini, diharapkan dapat bermunculan Kampung KB lainnya. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” pungkasnya. (mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved