Tergerus Pembangunan, RTH Kota Bangkalan Menyusut

Selasa, 21 November 2017

RUANG Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bangkalan terus menyusut. Penyebabnya, karena adanya pembangunan infrastruktur seperti akses jalan dan perkantoran yang terus bertambah dalam setiap tahunnya.

“Setiap tahun RTH kita terus menyusut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan, Ishak Sudibyo melalui  Kasi Pemeliharaan Lingkungan Pertamanan dan pemakaman,  Slameto,  Selasa (21/11/2017).

Dari jumlah luas wilayah Kota Bangakalan, luas RTH saat ini hanya seluas 11 persen. Padahal sesuai dengan undang-undang No 26 tahun 2017 tentang penataan ruang, luas RTH 20 persen dari luas wilayah kota. “Luas wilayah kota Bangkalan ini 18 ribu Hektar, Sementara RTH-nya hanya 11 persen. Kalau idealnya itu RTH 30 persen, terbagi 20 persen RTH Publik, dan 10 persen RTH private,” jelasnya.

Dijelaskan Slameto, RTH 11 persen yang ada di Kota Bangkalan ini terdiri dari alun-alun, hutan kota dan taman Paseban. “Kalau untuk penambahan RTH ini bukan menjadi ranah kami, namun sudah menjadi ranahnya Dinas PU dan tata ruang,” terangnya.

Terpisah Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Roosli Hariyono saat dikonfirmasi melalui Kabid Tata Ruang Rio Batara menjelaskan, masih ada potensi untukk penambahan RTH pada tahun 2018. “Potensi penambahan RTH itu ada dan tengah kita rencanakan,” jelas Rio.

Menurutnya, potensi untuk penambahan RTH ini berada di sepanjang Jalan Soekarno- Hatta, Jalan Kembar menuju Maratajasah dan di Kelurahan Bancaran di depan SPMN-6. “Dalam aturannya kreteria lahan yang bisa dijadikan RTH itu adalah tanah negara (TN), kalau bukan tanah TN ya ngak bisa dijadikan RTH. RTH yang kita miliki saat ini antara 12 hingga 13 persen,” pungkas Rio. (mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved