Inspektorat Keluarkan Rekomendasi Perbaikan Pengelolaan Keuangan Desa

Senin, 20 November 2017

SETELAH melakukan pengawasan pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Bangkalan tahun 2017, Inspektorat setempat menemukan masih lemahnya tata kelola administrasi keuangan desa.

“Saat melakukan Pengawasan DD dan ADD ternyata tata kelola administrasi keuangannya masih lemah, ini salah satu temuan yang ditemukan oleh kami,” kata Inspektur, Inspektorat Bangkalan, Hadari, Senin (20/11/2017).

Dikatakan dia, lemahya tata keklola administrasi keuangan itu disebabkan karena kualitas sumber daya desa seperti kelompok-kelompok kerja, masih lemah. “Lemanya Sumber daya Manusia ini yang menyebabkan tata kelola administrasi keuangan DD dan ADD ini,” jelas Hadari.

Dengan adanya temuan tersebut, pihaknya langsung mengeluarkan rekomendasi agar diperbaiki. “Tugas dari Inspektorat ini melahirkan rekomendasi, tapi rekomendasi yang solusif,” terangnya.

Lebih lanjut Hadari menjelaskan, dalam pelaksanaan DD dan ADD tahun 2017 ini, Inspektora kabupaten Bangkalan tidak bisa mlakukan pengawasan terhadap semua desa. Melainkan hanya pada 3 desa di setiap kecamatan. “Ada dua hal kenapa kami tidak bisa mengawasi semua desa, yang pertama keterbatasan personal pengawas, yang kedua anggaran pengawas,” tuturnya.

Jadi kata Hadari, desa yang tidak tercover dalam pengawasan Inspektorat itu diawasi oleh pengawas dari pemerintah pusat, dan propinsi. “Sisa-nya pengawasan bersinergi, ada pemerintah pusat yang mengawasi, pemerintah propinsi mengawasi, pemerintah kabupaten kota.  kita sepakat dengan propinsi, desa yang tidak bisa masuk oleh propinsi, ya kita yang mengawasi, ” pungkasnya. (mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved