Disprinakertrans Fasilitasi IKM Bangkalan Daftarkan HKI

Senin, 20 November 2017

DINAS Perindustrian dan Ketenagakerjaan Transmigrasi(Disprinakertrans) Bangkalan, memberikan pendampingan khusus kepada seluruh Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Bangkalan. Bentuknya, berupa fasilitas dalam pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dimiliki oleh IKM tersebut.

Menurut Kepala Disprinakertrans Bangkalan, Aminah Rahmawati melalui Kabid Bina Usaha Industri Siswanto, menjelaskan dalam fasilitas tersebut bertujuan untuk memberikan proteksi kepada IKM dalam menjaga kekayaan intelektualnya baik dari segi nama, jenis produk, desain logo dan yang lainnya, dari ancaman pasara global. “Kami memberikan fasilitas itu sejak tahun 2009-2017 ini, tujuannya untuk memberikan keamaanan dan kenyamanan dari ancaman pasar global (MEA),” terangnya, Senin (20/11/2017). 

Sis (sapaan akrabnya) mengaku pendampingan yang dilakukan sudah tercatat sebanyak 56 IKM yang telah terdaftar atau memiliki HKI di kementrian hukum dan Ham. “Itu yang dari tahun 2009-2016. Kalau yang tahun 2017 sudah ada 14 IKM yang sudah dalam proses,” paparnya. 

Dalam proses pengurusan HKI, lanjutnya, terdapat biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh IKM, sekitar 2-3 juta, akan tetapi pemerintah Bangkalan tengah mencoba untuk menanggulangi dana tersebut. 

“Memang angka ini belum sebanding, karena jumlah IKM di Bangkalan ada ribuan, karena kami terkendala dengan adanya anggaran. Jadi setiap tahunnya belum tentu pasti dapat berapa, Alhamdulillah tahun ini terbilang banyak,” tegasnya. 

Pihaknya menyampaikan bahwa sebagain IKM masih ada yang belum paham betul dengan pentingnya HKI. “Oleh sebab itu, dengan acara yang digelar oleh STKIP bekerja sama dengan BeKraf  pekan lalu sangat membantu kami,” ungkapnya. (lis)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved