Tahun ini, Dinas Pertanian Targetkan 48 Ribu Perkawinan Sapi Madura

Rabu, 15 November 2017

UNTUK mengantisipasi berkurangnya populasi sapi madura, Dinas Pertanian Bangkalan melakukan poses kawin sapi. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 48 ribu sapi dan kerbau harus tuntas menjalani proses perkawinan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Bangkalan, Abd Rozak, menjelaskan sebelum tutup buku tahun 2017 ini, proses perkawinan itu harus sudah terlaksana. Hal itu, menurutnya, karena  melihat kondisi sapi Madura yang wajib hukumnya untuk diperhanakan tingkat kuantitas populasinya.

“Itu untuk menjaga julmah populasi sapi Madura. Maka dari itu kami menargetkan sebanyak 48 ribu sapi dan kerbau sudah dilakukan proses kawin pada tahun ini,” Ungkap Razak, Rabu (15/11/2017). 

Dalam proses perkawinan tersebut, lanjut Razak, pihaknya sudah menyiapkan caranya yaitu dengan cara kawin suntik. Sehingga hasilnya nanti akan berbuah berupa sapi gabungan, yakni  sapi Madura dan sapi limosin atau (Madrasin). 

Ditegaskan olehnya, bahwa dalam program tersebut dipastikan dirinya tidak akan mengurangi jenis populasi sapi Madura. Bahkan, ia mengaku telah melakukan pendekatan persuasif kepada warga, agar sapi yang produktif tidak dipotong. 

Berdasarkan Data populasi sapi, Kabupaten Bangkalan masih sangat dinamis. Dengan jenis sapi potong pada tahun 2015 mencapai 197.675 ekor. Sedangkan tahun 2016 mencapai 200.279 ekor. “Kalau untuk sapi perah, pada tahun 2015 ada 21 ekor, sedangkan tahun 2016 ada 20 ekor.” Pungka Razak. (Lis)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved