Diskominfo Bangkalan Canangkan Informasi Terintegrasi Antar OPD

Selasa, 14 November 2017

DINAS Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangkalan terus berupaya untuk mewujudkan pengelolaan informasi yang profesional untuk disajikan kepada masyrakat. Salah satunya adalah dengan adanya informasi yang terntegrasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bangkalan.

Hal itu sebagimana dikemukan oleh sekretaris Diskominfo Bangkalan, Agus Zain. Menurutnya, sejauh ini dirinya sudah menganalisa agar bisa terwujudnya informasi yang terintegrasi. Konsep tersebut, kata Agus, berdasarkan insturksi dari presiden RI Joko Widodo, No 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik. Bahwa pemerintah telah menyiapkan Aplikasi Goverment Public Relation (GPR) Widget. Yang tujuannya untuk menyebarluaskna narasi tunggal. “Jadi sangat perlu  sekali adanya informasi yang terntegrasi dengan berbagai OPD,” ucapnya, Selasa (14/11/2017).

Rencana itu menurut Agus, telah dimasukkan dalam anggaran tahun 2018 mendatang. “Tahun depan kami akan meminta agar seluruh OPD membuat website sendiri dan terhosting ke dinas kominfo. Sejauh ini baru empat instansi yang memiliki web.” Ungkapnya.

Mantan Kepala UPT Disdik Bangkalan ini juga menyampaikan bahwa selama ini drinya masih mengalami beberapa kendala. Diantaranya adalah SDM, yang mana dinas yang memliki kewajiban itu masih tergantung pada instansi lainnya alias belum mandiri. Sebab melihat kebutuhan dalam rencana itu, zain mengaku sangat sulit menemukan tenaga IT yang handal, “Tenaga IT ini kami butuh yang handal, karena selama ini kami masih dibantu dari UTM,“ keluhnya.

Dengan demikian dirinya masih terus mencari cara agar program yang positif itu bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan pembenahan insfrastrukutur dan juga mengikut sertakan tenaga intyernal untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang linier, khususnya dibidang IT. “Untuk mempersipakna SDM ini, makanya laboratoriumnya harus ada dulu,” pungkasnya. (lis)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved