Disprinaker Dampingi Direktur BeKraf RI dalam Sosialisasi HKI

Selasa, 14 November 2017

DINAS Perindustrian dan Ketenega kerjaan Bangkalan ikut mendampingi sosialisasi tentang hak kekayaan intelektual (HKI) yang dilakukan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) Republik Indonesia. 

Acara yang digelar di Gedung Rato Ebhu Bangkalan dihadiri 100 Industri kecil dan menengah (IKM) Bangkalan. Menariknya lagi acara tersebut langsung dihadiri oleh Direktur Robinson Sinaga. yang mana beliau sebagai pemateri. 

Menurut Kepala Disprinaker Bangkalan, Amina Rahmawati Melalui Siswanto selaku Kabid Bina Usaha Industri, menjelaskan Bahwa dengan kehadiran BeKraf ke Bangkalan yang bergandeng dengan STKIP PGRI Bangkalan sangat membantu Seluruh IKM di Bangkalan untuk mendapatkan hak mendaftarkan HKI usahanya. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada STKIP PGRI Bangkalan yang telah membantu memfasilitasi para UKM untuk menerima ilmu langsung dari BeKraf, bahkan langsung bisa berkonsultasi untuk mendaftarkan Hak cipta,” ucap Siswanto. 

Siswanto mengaku bahwa dirinya selama ini sudah memfasilitasi sebagian IKM untuk mendapatkan hak cipta dari kemenkumham. “Mulai 2009 hingga 2016 ada 64 IKM yang sudah memilik hak kekayaan intelektual, dan tahun 2017 sudah ada 16 IKM yang kami proses,” Ujarnya. 

Pihaknya mnuturkan dalam memfasilitasi sebanyak IKM 505 yang ada di Bangklan, masih terkendala dengan anggaran. “Maka dari itu kami sangat bersykur BeKraf mau memfasilitasi 100 IKM yang datang hari ini untuk mendapatkan HKI nya,” tutupnya. 

Sementara itu Direktur Fasilitasi HKI BeKraf RI Robinson Sinaga, menyampaikan pentingnya memiliki hak cipta, sebab hak cipta bagian dari HKI yang melekat pada jenis usaha yang digeluti oleh setiap masyarakat. 

“Kalau sudah terdaftar di kemenkumham, jika dikemudian hari ada orang yang mencatut atau sengaja menggunakan nama usaha anda, bisa dituntut karena telah mengambil hak ciptanya,” Paparnya dihadapan 100 IKM. 

Robinson sapaan akrabnya, menilai pula bahwa HKI adalah salah satu langkah proteksi terhadap IKM dari ancaman orang luar yang tidak di inginkan dikemudian hari, " kalau sudah terdaftar maka ketika sudah berjaya atau mulai berkembang usahanya, tidak ada orang yang bisa menganggunya, sebab azas pengurusan HKI ini adalah bersifat siapa yang terdaftar lebih dulu bukan siapa yang menggunakan atau yang memulai lebih dulu," terangnya. 

Sedangkan menurut Ketua STKIP Bangkalan Sunarjo, selaku fasilitator dalam acaera tersebut, menyampaikan bahwa STKIP hanya sebagai media fasilitasi bagi seluruh IKM yang ada di Bangkalan untuk mengurus HKI nya. “Kami juga Mengucapkan terima kasih atas kedatangannya. Untuk bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat madura untuk mendaftyarkan hak kekayaan intelektual (HAKI).” Pungkasnya. (Mas). 

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved