Tekan Angka Pasung, Dinsos Lakukan Pendekatan Persuasif

Kamis, 09 November 2017

PERSOALAN pasung masih menjadi masalah sosial di Kabupatan Bangkalan. Untuk menguranginya, Dinas Sosial Pemkab setempat tengan melakukan upaya perusasif terhadap pihak keluarga.

Menurut Kepala Dinsos Pemkab Bangkalan, Taufan Zairinsyah melalui Kabid Rehabilitas Sosial Ahmad Ready, menjelaskan bahwa saat ini dirinya tengah fokus memecahkan persoalan pasung. Berdasarkan data yang dimilikinya, pada tahun 2016 lalu tercatat sebanyak 28 orang masuk dalam daftar pasung di Dinas Sosial (Dinsos) Bangkalan. Bentuk pemasungan variatif. Mulai dari pasung rantai, pasung kayu, dan pasung dalam kamar.

"Tahun ini jumlah penderita gangguan jiwa yang dipasung 32 orang. Sebanyak 15 orang di antaranya sedang menjalani proses rehabilitasi di rumah sakit jiwa (RSJ)." ungkapnya Kamis, (9/11/2017).

Dalam penanganan pasung tersebut, kata Ahmad, pihaknya tidak sertamerta mendata dan langsung membawa yang bersangkutan, melainkan harus ada kesepakatan dengan pihak keluarga yang bersangkutan. "Kami harus mendapatkan persetujuan dari keluarganya. Kalau tidak, kami tidak bisa kirim," ucapnya.

Selama ini metode yang ia gunakan adalah pola pendekatan persuasif. Sebab, persoalan pasung masih menjadi momok yang tidak baik bagi keluarganya (aib). "Banyak yang tidak menyetujui pasien pasung dibawa untuk menjalani proses penyembuhan. Namun disatu sisi kami ingin Bangkalan pada tahun 2018 sudah bebas pasung," tegasnya.

Dari 15 orang yang sudah ditangani, lanjut Ahmad, kini sudah ada lima orang yang sembuh total. Tinggal sepuluh yang direhabilitasi. "Kami terus berusaha agar yang lain juga mau menjalani proses penyembuhan," tandasnya.

Ahmad menuturkan dalam penanganan rehalibitas tersebut, ada dua RSJ yang dijadikan tempat merawat pasien yang dipasung. Yaitu RSJ Menur Surabaya dan RSJ Lawang, Malang. Dia mengakui kasus pasung di Bangkalan tergolong banyak. "Perlahan sudah mulai banyak yang masuk kategore dalam masa perawatan. Kalau setuju, kami akan kirim ke RSJ Menur atau Lawang. Dinsos siap memberikan surat rekomendasi," ujarnya. (Mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved