BPBD Himbau Masyarakat Waspada Bencana

Selasa, 07 November 2017

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur meminta masyarakat agar terus waspada terjadinya potensi bencana. Hal ini dikhawatirkan akan terjadi dan melanda sejumlah wilayah yang rawan bencana di Jatim, termasuk di Bangkalan.

Adapun bencana yang dimaksud adalah tanah longsor bagi wilayah yang dikelilingi pegunungan, banjir rob (banjir akibat air laut pasang) dan puting beliung. "Ada 12 Jenis katagore bencana, dan Bangkalan masuk dalam katagore bencana longsor, banjir, puting beliung dan sebagainya," terang Kepala BPBD Provinsi Jatim, Sudarmawan, Selasa (7/11/2017).

Daerah yang rawan bencana itu, menurutnya, masuk dalam istilah Hidrometeorologis. Namun semua itu harus bisa diproteksi guna memperkecil terjadinya bencana alam tersebut. "Dampak bencana alam ini sangat luar biasa karena dapat mempengaruhi indeks pertumbuhan manusia dan perpuratan ekonomi," paparnya.

Baginya, kegiatan bersih-bersih sungai seperti yang dilakukan oleh pemkab Bangkalan, adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko bencana. "Dan masyarakat harus peka serta peduli terhadap lingkungan sekitar," tutupnya.

Sentara itu Kepala BPDB Bangkalan, Rizal Morris, menjelaskan Kabupaten Bangkalan yang berpotensi bencana alam berupa banjir ada adalah Kecamatan Blega, Arosbaya, Tanjung Bumi dan Burneh. Sedangkan bencana longsor yang berpotensi adalah, Kecamatan Kokop Konang, Geger, Galis, Tanjung Bumi, Tragah, Kamal dan Kota. "Di Burmeh itu biasanya juga terdapat bencana anging puting beliung, namun kami semua berusaha untuk tetap siaga," Pungkasnya. (Mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved