PAD PBB Tahun 2017 Capai 91 Persen

Selasa, 07 November 2017

UPAYA Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan untuk memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun 2017 ini terus dilakukan. Hingga kini, pajak PBB yang telah masuk dari 18 kecamatan sudah mencapai 91 persen, atau setara dengan Rp 3,2 miliar dari target Rp 3,5 miliar.

"Dari target PAD sektor PBB yang kami terima sampai detik ini, sudah terkumpul Rp 3,2 miliar. Alhamdulillah sudah 91 persen," kata Kepala Bapenda Pemkab Bangkalan, Siswo melalu Kepala Bidang Pajak dan Retribusi I Zainal Alim, Selasa, (7/11/2017).

Zainal mengaku bahwa dari capaian terkini, dirinya terus menggenjot para pihak kecamatan untuk meningkatkan penagihan PBB kepada setiap desa yang ada dibawahnya. Bahkan dirinya sudah memberikan deadline hingga 20 Desember 2017 mendatang.

"Kami sudah berikan deadline hinga akhir minggu pertama bulan Desember mendatang, dengan jatuh tempo paling lambat tanggal 20 Desember. Itu yang sudah kami tekankan kepada setiap kecamatan," terangnya.

Menurut Zainal, selama ini sudah melakukan sosialisasi dan sekaligus mengajak agar pegawai kecamatan yang berada dibidangnya ikut menggencarkan upaya peningkatan PAD dari sektor PBB. "Yang jelas dari setiap kecamatan yang sangat memabantu kami. Artinya, bagi yang paling aktif, akan kami berikan reward. Dan ini sudah berjalan mulai tahun 2016 lalu," paparnya.

Disampaiakn pula olehnya bahwa Bapenda hanya menerima dari setiap kecamatan, dan langsung disetorkan ke Bank Jatim. "Kalau sudah disetor nanti akan keluar STTS (Surat Tanda Terima Setoran). Sejauh ini, kecamatan yang sudah mencapai target adalah Kamal dan Socah," ungkapnya.

Sementara jika pada jatuh tempo atau tutup tahun 2017 masih ada kecamatan yang belum tuntas, lanjut Zainal, maka dianggap piutang, dan ada denda dari pihak Bank Jatim sebesar 2 persen/ bulannya. "Namun secara keseluruhan data PAD PBB ini menurut saya sudah bagus. Sisanya (kecamatan lainnya) akan terus kami genjot," pungkasnya. (Lis)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved