Aturan Baru, UPT Disdik Bakal Dihapus

Kamis, 05 Oktober 2017

SESUAI dengan Permendagri No 12 tahun 2017  tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan unit pelaksanaan teknis daerah, maka Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan yang ada di 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan bakal dihapus.

“Rencana pembubran UPT Disdik ini masih diusulkan dan masih dalam proses,” kata Kepala Bagian Organisasi Setkab Bangkalan, Ary Suharja, Rabu (4/10/2017).

Menurutnya, UPT Disdik tersebut nantinya akan dirubah menjadi satuan pendidikan. “Jadi bukan Kepala UPT lagi tapi kepala satuan pendidikan persekolah, dan bukan pejabat struktural lagi, tapi sifatnya hanya sebatas koordinator,” jelas Ary.

Terpisah Sekretaris Disdik bangkalan, Bambang Budi Mustika mengatakan, keberadaan UPT disdik di kecamatan itu sangat dibutuhkan. “UPT itu sangat diperlukan sekali oleh Disdik, sebab jika terjadi masalah terkait pendidikan di kecamatan UPT ini yang bisa menyelesaikan,” terang Bambang.

Dikatakan Bambang, jika nanti keberadaan UPT ini tetap akan dihapus karena tidk sesuai dengan Permendagri No 12 tahun 2017, maka pihaknya akan menyerahkan kepada bagian Organisasi di pemkab Bangkalan. “Masalah penyusunan Organisasi ini bukan wewenang kita,  kalau memang UPT dihapus apa langkah-langkah yang akan dimabil misalnya akan membentuk koordinator pendidikan non struktural ditingkat kecamatan itu semua terserah kepada bagian organisasi,” katanya.

Namun kata bambang, sebelum ada perubahan dari bagian organisasi, dirinya meminta kepada UPT Disdik yang ada di 18 kecamatan untuk bekerja seperti biasanya. “Saya harap Ka UPT bekerja seperti biasa hingga ada keputusan yang mengikat. Kalau tidak salah Permendagri ini akan di berlakukan pada bulan januari tahun depan,” pungkasnya. (mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved