Pemkab Terus Galang Dukungan untuk Gelar Kepahlawanan Syaikhona Kholil

Jumat, 05 Maret 2021

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus menggalang dukungan dari berbagai kalangan terutama dari tokoh agama untuk pengajuan Syaikhona Muhammad Kholil sebagai pahlawan nasional. Pemkab juga tak henti-hentinya melakukan upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan Syaikhona Muhammad Kholil sangat layak untuk dijadikan pahlawan nasional. Menurut Ra Latif pengusulan gelar tersebut juga berdasarkan pertimbangan napak tilas Syaikhona Kholil sebagai guru dan ulama. 

"Beliau tidak hanya sebagai guru besar dalam membimbing santri dan masyarakat, tetapi dengan bimbingan beliau juga telah lahir beberapa nama tokoh besar yang tidak hanya menjadi guru tetapi juga menjadi pelopor perjuangan kemerdekaan indonesi, seperti KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah dan KH Asad Syamsul Arifin yang telah mendapat gelar pahlawan nasional. Selain itu beliau juga merupakan penentu kelahiran Jamiyah NU," jelas Ra Latif.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut kata Bupati, Syaikhona Kholil sudah layak dan menjadi kewajiban negara untuk menganugerahkan gelar kehormatan sebagai pahlawan nasional.

"Dan untuk mendukung hal tersebut Pemerintah Bangkalan juga telah membentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) dan menyerahkan berbagai persyaratan sesuai dengan prosedur yang sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial RI No 15 tahun 2012 tentang pengusulan gelar pahlawan nasional," lanjutnya.

Ra Latif menegaskan bahwa upaya yang dilakukannya tersebut untuk memberikan pemahaman, inspirasi dan suri tauladan pada generasi muda tentang sosok Syaikhona Kholil dan mengembalikan kiprah kejayaan Bangkalan. (eko/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved