Dinsos Imbau Kades Rajin Update DTKS

Kamis, 17 September 2020

DINAS Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan mendorong agar Kepala Desa (Kades) aktif dalam melakukan pembaharuan atau update Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pasalnya DTKS menjadi acuan dalam penyaluran bantuan sosial.

Hal itu dilakukan, agar bantuan baik dari pusat atau daerah bisa tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat ke daerah.

Kepala Dinsos Bangkalan, Wibagio Suharta mengatakan, setidaknya Kepala Desa harus melakukan update DTKS setiap triwulan sekali. Baik untuk data warga yang meninggal dunia, pindahan atau orang tidak mampu.

“Kemarin ada 47 desa yang belum update data. November ini ada update data lagi sampai terakhir tahun 2021,” katanya, Kamis (17/9/2020).

Wibagio berharap masing-masing Kepala Desa selalu update data DTKS agar tidak beresiko ke bantuan. “Mereka tidak ada yang update akan resiko bantuan. Kami harap masing-masing desa itu sudah paham dan mau update data itu,” jelasnya.

Wibagio menambahkan program BPNT berupa sembako yang biasanya dapat Rp 200 ribu dalam bentuk sembako sekarang dapat Rp 500 ribu. Akan tetapi hanya sekali pencairan.

Wibagio menjelaskan ada masyarakat yang sebelumnya dapat bantuan tetapi untuk bulan sebelumnya tidak, lantaran tidak masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Karena banyak yang BLT itu, bulan sebelumnya dapat tapi bulan berikutnya tidak dapat, karena ternyata tidak masuk di DTKS,” tandasnya. (yus/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved