PANJANGNYA proses pengajuan administrasi kependudukan tak lagi dirasakan oleh masyarakat di Desa Ba'engas, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Pas"/>

Inovasi Baru, Pemerintah Desa Baengas Luncurkan Aplikasi SIDEDI

Rabu, 05 Agustus 2020

PANJANGNYA proses pengajuan administrasi kependudukan tak lagi dirasakan oleh masyarakat di Desa Ba'engas, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Pasalnya, pihak pemerintah desa setempat telah mengeluarkan inovasi pelayanan publik berbasis Aplikasi. 

Aplikasi yang diberi nama SIDEDI ini merupakan sistem pelayanan desa online yang dapat di-download langsung melalui PlayStore yang ada di smartphone. Perancang Aplikasi SIDEDI, Asadullohil Ghalib Asbat mengatakan, SIDEDI adalah sebuah platform pelayanan publik yang fokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa. Layanan yang disediakan adalah Sistem antrian terpadu, layanan pembuatan surat mandiri yang terdiri dari 30 lebih macam surat. Kemudian Elektronik aduan (E-Aduan), publikasi dana desa, grafik kependudukan, website informasi desa dan lain-lain. 

"Dari berbagai layanan tersebut kami juga menyediakan paket bundling berupa mesin layanan satu pintu dan juga aplikasi berbasis mobile (android) yang tersedia di Google Play Store," kata Asadullohil Ghalib Asbat, Rabu (5/8/2020).

Dia mengatakan, berbagai platform pelayanan terpadu yang diciptakan bertujuan untuk mempermudah proses administratif, mempercepat pelayanan masyarakat di desa dan sarana publikasi potensi desa. 

"Serta sebagai bentuk sinkronisasi antara program pemerintah provinsi yakni menghadirkan layanan secara Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparan," ungkapnya.

Semnentara Kepala Desa Ba'engas H Moh Taufan mengatakan, aplikasi SIDEDI ini diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan administrasi kependudukan. Sebab selama ini banyak keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan. Terlebih lagi, bagi masyarakat yang sedang bekerja di luar kota. 

"Oleh karena itu kami buat aplikasi SIDEDI agar masyarakat lebih mudah dalam membuat surat. Seperti yang di luar kota itu, mereka tidak perlu pulang kesini (Desa Ba'engas-Red). Cukup mereka memasukan NIK ke aplikasi itu, dan surat apa yang dibutuhkan, kemudian dicetak," kata dia.

Selain itu, Taufan menerangkan bahwa pembuatan aplikasi tersebut juga telah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan.

Sedangkan perwakilan dari Dispendukcapil Bangkalan HJ Tulsi Hayati mengatakan Aplikasi SIDEDI merupakan inovasi dan gebrakan baru di Bangkalan. Mengingat, aplikasi tersebut merupakan bagian dari program pemerintah khususnya Menteri Dalam Negeri Dirjendukcapil yakni gerakan masyarakat sadar dan tertib administrasi kependudukan.

"Kami berharap aplikasi ini menjadi contoh bagi desa lain terutama pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan terintegrasi lainnya. Kami akan mendukung untuk akses data kependudukan bagi server yang memerlukan," ungkapnya. (yus/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved