Persiapan Pilkades, DPMD Akan Lakukan Serap Pendapat

Selasa, 04 Agustus 2020

DINAS Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) akan terus melakukan kordinasi dengan pihak-pihak yang akan terlibat dalam pilkades tahun 2021. Salah satunya akan melaksanakan serap pendapat dengan Camat dan sejumlah institusi pemerintahan lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala DPMD Bangkalan Akhmad Ahadiyan Hamid S. Menurutnya, serap pendapat tersebut bertujuan untuk mengatahui hal-hal yang dibutuhkan selama proses persiapan pilkades.

"Jadi nanti kami akan serap pendapat serta akan terus melakukan koordinasi dengan AKD, camat dan pihak lain untuk menyelenggarakan Pilkades tersebut. Kemudian hal-hal apa saja yang dirasa perlu dilakukan agar Pilkades berjalan aman dan lancar," katanya, Selasa (4/8/2020).

Dhiet sapaan akrab Kadis DPMD mengatakan, pelaksanaan Pilkades akan digelar tahun 2021 mendatang. Sejumlah perisiapan mulai dilakukan termasuk mengatur syarat domisili cakades yang dituangkan dalam Raperda yang sebentar lagi akan disahkan. 

"Ya untuk domisili tidak harus asli desa pemilihan namun harus berKTP Bangkalan," tuturnya.

Mulanya, kata Dhiet, syarat domisili diubah dengan membebaskan seluruh masyarakat untuk mendaftar. Namun, hal itu dinilai akan terjadi pembludakan pendaftar. 

"Awalnya bebas, jadi warga Jakarta pun bisa mendaftar. Namun agar pendaftar tidak membludak maka cukup KTP Bangkalan," tambahnya. 

Dhiet mengatakan, pada Juli 2021 nanti terdapat 140 desa yang melakukan pemilihan Kades. Sementara beberapa syarat lain yakni, berusia minimal 25 tahun serta pendidikan terahir SMP. (yus/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved