Pelaku Usaha di Bangkalan bakal Dapat Bantuan Modal 2,4 Juta dari Pemerintah

Senin, 03 Agustus 2020

PELAKU usaha terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan bakal mendapat bantuan modal dari Pemerintah Pusat. Bantuan sebesar 2,4 juta rupiah itu diberikan demi mempercepat pemulihan di sektor ekonomi.

Setidaknya ada 12 juta pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan koperasi yang bakal mendapatkan bantuan tersebut. Jumlah sebanyak itu tersebar di seluruh daerah se Indonesia.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bangkalan Musninah mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan terhadap usaha mikro yang masih beroperasi. Untuk di Bangkalan, setidaknya ada 16 koperasi yang didalamnya ada 355 orang. Sementara untuk usaha mikro sebanyak 1.087 orang.

"Kita masih belum kelompokkan daerah mana yang terbanyak, jumlah pelaku usaha bisa bertambah lagi, sesuai pengajuan dan permintaan di bawah," katanya, Senin (3/8/2020).

Hingga saat ini, kata Ninah sapaan akrabnya, data yang sudah masuk di Diskop UM dalam proses pengajuan ke Pemerintah pPusat. Namun jika ada yang mendaftar lagi, katanya masih bisa diterima dan akan diajukan lagi.

"Jika ada penambahan kami ajukan lagi, sekarang yang ada dulu," katanya.

Menurut Ninah, Bantuan tersebut diprioritaskan kepada pelaku usaha yang sudah lama beroperasi. Untuk memastikan tidak ada usaha yang abal-abal, Ninah mengaku akan melakukan survei ke lapangan. Sehingga bantuan itu dapat tepat sasaran.

"Diutamakan yang sudah berjalan usahanya. Kita akan ke lapangan jika memungkinkan," ucapnya.

Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan pelaku usaha yang diajukan bantuan itu akan mendapatkan semua. Katanya, data yang diajukan itu akan dilakukan verifikasi oleh Pemerintah Pusat.

"Tergantung dari pusat, kita sekedar mengusulkan," tutupnya. (eko/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved