Taring Bang Jani Masuk 45 Besar Kovablik Jatim 2020

Rabu, 22 Juli 2020

PROGRAM Tanam Jaring Bangun Bangkakan Sejahterakan Petani atau disingkat Taring Bang Jani masuk 45 besar dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur 2020. Hal itu berdasarkan surat pengumuman Pemerintah Provinsi Jawa Timur Nomor : 065/10119 1031.3/2020 tentang Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2020. 

Dari total 122 inovasi yang lolos seleksi administrasi, program unggulan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabuaten Bangkalan masuk sebagai Inovasi Pelayanan Publik.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan Puguh Santoso mengungkapkan, ProgramTaring Bang Jani adalah inovasi asli petani Bangkalan yang dimulai pada tahun 2017. Selain itu kata dia juga merupakan inovasi persemaian yang mudah, murah, sederhana dan berkualitas dengan meletakkan jaring diatas tanah persemaian kemudian ditaburi benih padi secara merata.

"Alhamdulillah inovasi kita diapresiasi dalam Kovablik Jatim 2020. Tentu ini suatu kebanggaan bagi petani Madura khususnya Bangkalan," terangnya, Rabu (22/07/2020).

Pugu menjelaskan, bercocok tanam menggunakan Metode Taring (Tanam Jaring) membuat produktivitas padi meningkat hingga 1 ton/hektar serta pendapatan petani bertambah hingga Rp. 5.210.000,00. Pasalnya,  proses pencabutan bibit padi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, sehingga penggunaan tenaga kerja lebih sedikit, meminimalisie  kerusakan akar dan batang serta sisa tanaman tidak tercabut semakin sedikit, masa pemulihan, adaptasi dan panen lebih cepat.

"Tentunya kebanggaan masuk 45 besar Kovablik ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan hasil yang diperoleh oleh para petani," imbunya.

Mantan Kepala Bappeda Bagkalan itu berharap Taring Bang Jani dapat  memperkuat ketahanan pangan dan mampu meningkatkan produktivitas padi dan meningkatkan pendapatan petani. "Beras yang dihasilkan aman dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan fisiologis tubuh serta menjamin stabilitas petani untuk mendapatkan bahan pangan sepanjang waktu," tegasnya. (eko/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved