Dinas Perikanan Uji Kualitas Air Sungai Sebelum Lakukan Restoking Ikan

Selasa, 21 Juli 2020

DINAS Perikanan Kabupaten Bangkalan akan memulihkan kembali kehidupan ekosistem sumber daya ikan yang ada disungai dengan restocking fishing (tebar ikan). Hal itu dalam rangka menyikapi adanya perusakan terhadap sungai (distruktif fishing).

Kepala Dinas Perikanan Mohammad Zaini menerangkan, sebelum melakukan tebar ikan pihaknya mengadakan uji kualitas air terlebih dahulu di sungai Bancaran dan sungai Gledek Calteng Mlajah. "Jadi perlu waktu untuk tebar ikan setelah diketahui kualitas air di dua sungai tersebut," terangnya, Selasa (21/07/2020).

Nantinya kata Zaini, penentuan jenis ikan yang akan ditabur menunggu hasil laboratorium. "Jadi sebelum ditebar ikan, agar tidak mubadzir ikan yang ditebar terlebih dahulu dilakukan uji kualitas air, setelah dibawa ke laboratorium, bisa disimpulkan bahwa yang cocok sungai ini ikan jenis A dan seterusnya," imbuhnya.

Pihaknya berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan potas atau bahan Kimia lainnya. Karena kata dia hal itu merupakan tindakan melawan hukum dan mencemari lingkungan.

"Berapapun benih ikan yang kita tabur di sungai, seketika akan langsung mati kalau masih ada oknum yang menggunakan bahan kimia dan potas," terangnya. (eko/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved