Disdik Siapkan Panduan Belajar di Era New Normal

Senin, 06 Juli 2020

DINAS Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan menyiapkan panduan untuk guru dan siswa dalam kebijakan new normal. Panduan baru tersebut akan disosialisasikan sebelum aktifitas sekolah kembali dimulai.

Kepala Disdik Kabupaten Bangkalan Bambang Budi Mustika mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan panduan tersebut. "Kami ada panduan tentang bagaimana pelaksanaan belajar mengajar di kelas," ungkapnya, Senin (06/07/2020).

Bambang menjelaskan, proses belajar mengajar di situasi normal biasanya efektif selama enam jam. Namun ditengah pandemi Covid-19 ini waktu belajar akan efektif selama 4 jam tanpa waktu istirahat.

Siswa pun, lanjutnya, membawa bekal makanan ataupun camilan dari rumah. Sehingga tidak jajan di luar sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Siswa masuk sekolah bergantian. Separuh hari ini dan separuh hari berikutnya. Agar tidak terjadi penumpukan di sekolah," jelasnya.

Bambang mencontohkan, hari ini separuh siswa di kelas mendapatkan materi tentang berhitung. Maka pada hari berikutnya dengan separuh siswa lainnya, materinya sama yakni berhitung.

"Jika biasanya ditempuh dalam satu pertemuan, saat new normal ditempuh dua kali pertemuan," terangnya.

Karena itu, Bambang menuntut kreatifitas para guru lebih ditingkatkan dengan masa pembelajaran hanya selama empat jam. "Dua pertemuan dengan materi yang sama harus dimaksimalkan para guru. Sehingga kurikulum bisa tercapai meski tidak sempurna," tegasnya. (yus/igo)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved