Bupati Bangkalan Panen Raya Jagung di Desa Duko Tambin

Selasa, 05 November 2019

BUPATI Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron melakukan panen raya jagung di Desa Duko Tambin, Kecamatan Tragah, Senin (04/11/2019). Hadir pada kesempatan tersebut Rektor UTM, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur, Forkopimda serta pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Panen jagung merupakan bentuk inovasi bibit dari penelitian Universitas Trunojoyo Madura dengan varietas jagung lokal unggul yang salah satunya adalah jagung lokal Duko Tambin. Sebab selama ini, varietas jagung dari Duko Tambin dikenal karena produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan varietas lokal lainnya.

Meskipun produktivitasnya masih kalah dengan jagung hibrida, varietas jagung Duko Tambin relatif tahan terhadap kekekeringan. Karena itu, inovasi yang dilakukan Universitas Trunojoyo Madura didukung Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur merupakan solusi bagi petani dalam mewujudkan swasembada pangan. Serta berperan dalam meningkatkan ketahanan pangan daerah.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron berharap kerjasama dapat diperluas cakupan wilayah pengembangan. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Gubernur Jawa Timur, Rektor Universitas Trunojoyo Madura dan Kepala BI Perwakilan Jawa Timur atas kerjasama yang baik. Saya sangat berharap kerjasama ini bisa diperluas cakupan wilayahnya,” pintanya.

Orang pertama di Pemkab Bangkalan ini berharap kecamatan lain juga bisa merasakan manfaat dan kegembiraan yang serupa dengan masyarakat di Desa Duko tambin. Melalui kerjasama dengan Balitsereal Maros, Universitas Trunojoyo Madura menghasilkan beberapa varietas unggul. Yaitu Madura-3, Madura-4, Madura-5, dan Madura-6, yang akan dilounching pada 2020.

"Jagung Madura-3 yang akan diproduksi merupakan varietas hibrida silang tunggal yang merupakan persilangan antara galur jagung unggul madura yang ditemukan oleh peneliti Universitas Trunojoyo dan tetua jagung dari Balitsereal. Jagung Hibrida Madura-3 mempunyai produksi rata-rata 7 ton apabila ditanam di Madura. Dan mempunyai umur kurang lebih 80 hari," papar Bupati. (eko/mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved