BANTUAN Pangan Non Tunai (BPNT) bagi Penerima Keluarga Manfaat (PKM) dari keluarga kurang mampu segera dicairkan. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangk"/>

Dinsos Bangkalan Prediksi BPNT Cair Akhir Juni

Kamis, 13 Juni 2019

BANTUAN Pangan Non Tunai (BPNT) bagi Penerima Keluarga Manfaat (PKM) dari keluarga kurang mampu segera dicairkan. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan memprediksi BPNT dengan jumlah 93.575 orang akan cair pada akhir Juni. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Didik Yanuardi.

“Kita akan melakukan launching kira-kira tanggal 20 Juni. Mungkin sekitar itu cairnya. Memang kemarin sempat akan dicairkan pada bulan Mei. Tapi oleh Kementerian Sosial diundur bulan ini. Jadi, yang mengundur pencairan bukan dari kami,” terang Didik ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (13/6/2019).

Tahun ini, sambung Didik, Dinsos Bangkalan akan kebagian jatah dana BPNT dengan total Rp 9 milliar. Dana sebesar itu akan dicairkan secara rutin setiap bulan sesuai kebutuhan. Rencananya, dinsos segera mendistribusikan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) mulai Rabu (14/6). Setiap bulannya, penerima BPNT akan mendapat bantuan Rp 110 ribu.

“Lebih dari 21 ribu penerima bantuan non PKH dan lebih dari 71 ribu penerima PKH. Totalnya lebih dari 93 ribu itu tadi. Bantuan tersebut tidak bisa diambil berupa uang. Tapi harus ditukarkan dengan sembako,” jelas Didik.

Lebih lanjut Didik mengatakan, KKS akan serupa dengan kartu ATM. Dimana kartu tersebut bisa digesek atau ditukarkan di tempat-tempat khusus yang telah disediakan oleh dinsos. Tempat penggesakan KKS di e-warung.

“e-warung yang disediakan oleh dinsos akan ditandai dengan stiker yang menandakan bahwa KKS bisa digesek ditempat tersebut. Nantinya, e-warung ada setiap desa. Kisarannya setiap desa ada sekitar 1-2 e-warung. Tergantung kondisi desanya,” papar Didik.

Disinggung mengenai kriteria e-warung, Didik mengatakan pihak bank yang menentukan. Untuk bantuannya, warga yang mendapatkan BPNT tidak boleh menukarkan uang dengan barang lain selain sembako. “Jika ada yang ingin cairnya berupa uang ya tidak bisa. Harus ditukar dengan sembako. Kalau tahun lalu bisa ditukarkan sembako dan telur. Tapi tahun ini hanya sembako,” uangkapnya. (eko/mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved