SALAH satu potensi lokal yang dimiliki Kabupaten Bangkalan adalah kerajinan kasur. Potensi lokal ini berpusat di tiga Desa. Yakni Desa Kranggan Barat, "/>

Pengrajin Kasur Tradisional Menurun, Dinkop Bangkalan Siapkan Pelatihan

Rabu, 12 Juni 2019

SALAH satu potensi lokal yang dimiliki Kabupaten Bangkalan adalah kerajinan kasur. Potensi lokal ini berpusat di tiga Desa. Yakni Desa Kranggan Barat, Tanah Merah Laok dan Dlambah Dajah. Semuanya berada di Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan.

Namun seiring tingginya persaingan, para pengrajin kasur tersebut banyak yang gulung tikar. Kalah persaingan menjadi alasan utama redupnya kerajinan lokal. Pemerintah pun tidak bisa berbuat banyak. Hanya bisa mengupayakan lewat program dinas terkait. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan, Ali Afandi mengatakan, pengrajin kasur di wilayah Bangkalan hanya fokus pada motif lama. Sementara persaingan semakin ketat. Sehingga mereka kesulitan menjual hasil produknya di pasaran. “Jika motif kasur tradisional hanya begitu saja, maka akan kalah bersaing dengan kasur modern yang banyak motif,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Rabu (12/06/2019).

Meski begitu, Dinas Koperasi tidak akan menutup mata terhadap kondisi tersebut. Afandi mengatakan, jika ada kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas SDM pengrajin, maka mereka akan diikut sertakan. “Kita akan lihat jika ada pelatihan yang menyentuh langsung kepada pengrajin kasur tradisional, maka bisa kita upayakan untuk meningkatkan SDM mereka,” ungkapnya. 

Menurut Afandi, tiga desa tersebut pernah menyandang status sebagai sentra produksi kasur tradisional terbesar di Wilayah Kabupaten Bangkalan. Tetapi saat ini jumlah pengrajin semakin menurun. Bahkan untuk menjual produk kasur, para pengrajin harus berjualan keliling, keluar masuk perkampungan. (yus/mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved