Capai Ratusan Pemohon, Perekaman e-KTP Didominasi Pemudik

Rabu, 12 Juni 2019

PASKA libur lebaran, pemohon KTP elektronik (e-KTP) di Kabupaten Bangkalan membludak. Masyarakat berbondong-bondong membuat KTP baru sejak aktifnya pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). 

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Bangkalan, Rudiyanto mengatakan, masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP baru mencapai ratusan orang perhari. Diperkirakan, pemohon e-KTP didominasi para pemudik yang pulang ke kampung halaman di Bangkalan. 

“Setiap hari perekaman e-KTP kurang lebih 200 orang. Dari jumlah itu sangat dimungkinkan pembuatan e-KTP adalah warga Bangkalan yang merantau ke luar daerah,” kata Rudi ketika dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (12/06/2019).

Dijelaskan, masyarakat yang datang ke dispendukcapil tidak hanya mengurus KTP baru. Tetapi ada juga pemohon yang mengajukan pencetakan Kartu Keluarga (KK) maupun pencetakan e-KTP rusak. “Ada juga pemohon yang melakukan perubahan data,” jelas pejabat bertubuh atletis ini. 

Selain pelayanan di dispendukcapil Bangkalan, perekaman e-KTP juga dilakukan di kecamatan-kecamatan. “Kalau tidak bisa dating ke dispendukcapil, masyarakat juga bisa melakukan perekaman e-KTP di kecamatan setempat,” paparnya.

Ketika ditanya kendala yang dihadapi, Rudi bilang jika ketersediaan blanko e-KTP yang masih sangat terbatas. “Saya kira semua daerah ada keterbatasan blanko e-KTP. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Bangkalan saja, tetapi didaerah lain juga mengalami hal yang sama. Solusinya, kita mengeluarkan surat keterangan (suket, Red) yang menjadi e-KTP sementara,” pungkasnya. (eko/mas)

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved