Tahun Ini, Makam Agung Arosbaya Akan Dipugar

Kamis, 14 Maret 2019

DALAM rangka memelihara situs cagar budaya, Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan mencanangkan program pemugaran situs budaya. Tahun lalu, pemugaran situs budaya menyasar Makam Ki Demong di Desa Pelakaran, Kecamatam Arosbaya. Tahun ini, makam agung di arosbaya yang akan dipugar. 

Kabid Kebudayaan Disbudpar Bangkalan Hendra Gemma Dominan menyampaikan, sejumlah situs budaya menjadi jujukan wisatawan. Untuk itu, Pemkab Bangkalan melakukan pemugaran demi menjaga keberadaan peninggalan sejarah tersebut. 

"Pemugaran makam agung ini diprogramkan dalam APBD tahun 2019. Kita tidak menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) ini murni APBD," ujarnya, Kamis (14/03/2019).

Rencananya, pemugaran Makam Agung akan dilaksanakan triwulan kedua. Saat ini, sambung Hendra, Lembaganya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Salah satunya dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Selain itu, Disbudpar juga berkoordinasi dengan sejarawan Bangkalan. 

"Kami ingin hasil pemugaran sesuai harapan," tandasnya. 

Kawasan di sekitar Makam Agung, tepatnya di Desa Plakaran, Kecamatan Arosbaya, pernah berdiri kerajaan kecil bernama Kerajaan Plakaran. Kerajaan ini diperintah oleh Ki Demung Plakaran, keturunan dari Prabu Brawijaya (1468-1478), raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Selain terkenal dengan legenda islam onggu’, situs ini juga juga amat berkait erat dengan penetapan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Bangkalan. (yus/mas)
 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved