Disdik Dorong Sekolah-Sekolah dapatkan penghargaan Adiwiyata

Rabu, 13 Maret 2019

PEDULI lingkungan perlu ditanamkan sejak dini. Utamanya saat masih di bangku sekolah sehingga pelestarian lingkungan tetap berlangsung. Apresiasi yang diberikan pemerintah bagi sekolah yang getol memperhatikan keasrian lingkungannya diungkapkan melalui penghargaan adiwiyata.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Bambang Budi Mustika mengatakan, belakangan sejumlah sekolah di Kota Salak semakin banyak yang antusias untuk ikut serta mendapat predikat adiwiyata. Menurutnya, sejumlah sekolah disiapkan untuk bisa mendapat status adiwiyata tingkat provinsi dan nasional.

”Di tingkat kabupaten sudah ada puluhan sekolah yang siap ikut ke tingkat provinsi. Kalau statusnya sudah naik, tinggal yang belum adiwiyata nanti bisa menyusul,” ungkapnya, Rabu (13/03/2019).

Dia menjelaskan, sejumlah sekolah bersiap maju untuk meraih adiwiyata tingkat kabupaten. Sementara sekolah yang sudah mendapat predikat di antaranya 34 lembaga menyandang adiwiyata kabupaten. Kemudian, 7 lembaga berpredikat adiwiyata provinsi, 2 lembaga adiwiyata nasional, dan 1 sekolah adiwiyata mandiri.

”Sudah disiapkan. Satu sekolah sudah mandiri. Sejumlah sekolah dalam proses untuk adiwiyata nasional,” jelasnya.

Dia berharap semua sekolah swasta maupun negeri di Bangkalan bisa ikut serta. Bukan sebatas mengharap penghargaan saja, melainkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan belajar. Sebab, lingkungan yang sehat sangat memengaruhi minat belajar siswa.

”Kalau lingkungan sehat, kita juga sehat. Lingkungan yang asri, belajarnya juga nyaman,” pungkasnya. 

Sekedar diketahui, Di Kabupaten Bangkalan SMPN 5 Bangkalan pernah menerima penghargaan adiwiyata mandiri Desember 2018 lalu. Sebelum itu, untuk bisa mencapai predikat tertinggi ini perlu melewati seleksi tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. (eko/mas)

 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved