Dinas Perikanan Dorong Nelayan Taat Bayar Iuran Asuransi

Rabu, 13 Maret 2019

PENTINGNYA memiliki kartu asuransi bagi nelayan terus ditekankan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Nelayan yang sudah mengantongi kartu asuransi diminta untuk memperhatikan iuaran setiap tahunnya. Sedangkan jumlah nelayan di Bangkalan sebanyak 7.971 Nelayan.

Kasi Pengembangan Sarpras Penangkapan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan Bambang Harto Supriadi menyampaikan, program asuransi bagi nelayan sudah digulirkan sejak tahun 2015. Mulanya, ada sekitar 5000 nelayan yang tercatat menjadi penerima asuransi. Pada tahun pertama, premi asuransi di tanggung pemerintah pusat. Pada tahun kedua dan seterusnya dibebankan ke nelayan. 

"Hanya Rp 175 ribu pertahunnya tapi nelayan tidak ada yang bayar, jadinya hangus," terangnya, Rabu (13/03/2019).

Bambang mengatakan, di tahun 2018 Bangkalan mendapatkan kuota 100 asuransi bagi nelayan. Asuransi tersebut berlaku hingga 1 November 2019. "Yang tidak hangus hanya yang baru ini karena masih proses penyebaran," ungkapnya. 

Dinas Perikanan, lanjut Bambang, terus gencar melakukan sosialisasi terkait pentingnya asuransi nelayan. Bahkan meminta nelayan untuk meneruskan pembayaran premi. 

"Petugas kita terus menanamkan kesadaran kepada masyarakat," pungkasnya. 

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Bangkalan M Husni Syakur mendorong pemerintah proaktif dalam memberikan pemahaman kepada nelayan prihal pentingnya asuransi. Dengan begitu dapat meningkatkan kesadaran nelayan. 

"Asuransi nelayan ini sangat penting jika misalkan ada kecelakaan kerja dan lain-lain bisa terjamin," katanya. (yus/mas)
 

Gov. Public Relations

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

ALAMAT : Jalan Soekarno Hatta No 35 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

TELEPON : 031-3095505

EMAIL : admin@bangkalankab.go.id

Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Rights Reserved