Guru PNS Bertambah 174 Orang, PLT Disdik: Kita Akan Prioritaskan Daerah Plosok

Selasa, 12 Februari 2019

PEREKRUTAN Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2018 belum bisa memenuhi  kebutuhan tenaga pendidik berstatus PNS di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Bahkan masih jauh dari kebutuhan. Padahal Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten setempat membutuhkan sekitar 3. 061 Guru PNS. Jumlah tersebut diperuntukkan untuk guru TK, SD dan SMP. Namun yang terjaring dan diterima menjadi PNS hanya 174 orang.

Bambang Budi Mustika, selaku PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten  Bangkalan menyampaikan, kendati masih jauh dari kebutuhan, dirinya tetap bersyukur. Sehingga kebutuhan guru PNS semakin berkurang walaupun hanya sedikit.

"Alhamdulillah, yang lolos PNS 174 orang. Awalnya kita butuh 3.061 guru berstatus PNS, sekarang kebutuhan kita sekitar 2.900 kurang lebih," kata Bambang, ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (12/2/2019).

Disampaikan Bambang, dari jumlah Guru PNS yang baru diterima terdiri 40 untuk SMP, 6 untuk TK , dan  128 untuk SD. Jumlah tersebut akan disebar di seluruh sekolah di Kabupaten Bangkalan.

"Nanti ini akan disebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bangkalan, namun kita prioritaskan daerah terluar. Seperti Kokop dan Geger. Dan Alhamdulillah untuk geger sendiri sekitar 16 orang yang kemarin keterima," ucapnya.

Walaupun demikian, Bambang tidak berkecil hati dalam meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten ujung  barat pulau Madura sambil ada perekrutan CPNS kembali.

"Ini kan guru yang berstatus PNS yang belum terpenuhi. Kalau gurunya banyak cuma masih sukwan. Semoga nanti terpenuhi untuk berstatus PNS," tandasnya. (eko/mas)


 

Copyright @ 2017 Pemerintah Kabupaten Bangkalan | All Right Reserve